Pengetahuan & Catatan Pribadi

Rabu, 17 Juni 2015

SEJARAH SAP

Awal Mula SAP
SAP dimulai pada 1 April 1972 oleh lima mantan karyawan IBM di Mannheim, Jerman, dan menyatakan bahwa itu adalah vendor software independen ketiga terbesar di dunia. Ini dimulai dengan sebuah visi:
untuk mengembangkan standar aplikasi perangkat lunak untuk usaha pengolahan real-time.
Mereka ingin mengembangkan dan memasarkan software standar perusahaan yang akan mengintegrasikan semua proses bisnis, karena mereka telah melihat kesamaan klien dalam hal pengembangkan program bisnis komputer meskipun tidak benar-benar terintegrasi satu sama lain.
SAP singkatan dari Sistem, Aplikasi dan Produk (Systeme, Anwendungen und Produkte dalam bahasa Jerman) di Data Processing, dengan definisi tersebut dapat dikatakan bahwa SAP membuat database terpusat umum untuk semua aplikasi yang berjalan dalam sebuah organisasi.
SAP R / 1 -
Versi pertama dari SAP flagship enterprise software dan merupakan sistem akuntansi keuangan bernama R /1.



SAP R / 2 -
SAP R / 1 digantikan oleh R / 2 di akhir 1970-an. SAP R / 2 berada di bisnis aplikasi software suite berbasis mainframe yang sangat sukses pada tahun 1980 dan awal 1990-an. Dan sangat populer dengan perusahaan-perusahaan Eropa multinasional besar yang membutuhkan aplikasi bisnis lunak real-time, dengan kemampuan multi-currency dan multi-bahasa.

SAP R / 3 & SAP R / 3 Enterprise -
SAP R / 3 secara resmi diluncurkan pada tanggal 6 Juli 1992. Dengan munculnya distributed client-server computing SAP AG mengeluarkan versi client-server perangkat lunak yang disebut SAP R / 3 (Huruf "R" adalah untuk "pengolahan data Real-time" dan 3 untuk 3-tier).
Klien / server arsitektur 3-tier terdiri dari database, aplikasi software dan graphical user interface (GUI). Arsitektur baru ini kompatibel dengan berbagai platform dan sistem operasi, seperti Microsoft Windows atau UNIX. Konsep client-server, penampilan seragam GUI, penggunaan konsisten dari database relasional, dan kemampuan untuk dijalankan pada komputer dari vendor yang berbeda dengan adanya persetujuan.
SAP R / 3 versi 4.6c terdiri dari berbagai aplikasi seperti SAP Basis, set SAP program middleware dan tools. Meskipun ketika SAP R / 3 Enterprise diluncurkan tahun 2002, semua aplikasi dibangun di atas SAP Web Application Server. Set ekstensi digunakan untuk memberikan fitur baru dan terus menjaga 'inti'nya se-stabil mungkin . Web Application Server berisi semua kemampuan SAP Basis.
SAP R / 3 diatur ke dalam modul fungsional yang berbeda, yang meliputi fungsi khas di bagian dalam suatu organisasi. Modul yang paling banyak digunakan adalah Financials and Controlling (FICO), Human Resources (HR), Materials Management (MM), Sales & Distribution (SD), dan Production Planning (PP). Setiap modul menangani tugas-tugas bisnis yang spesifik, tetapi saling terkait dalam penerapannya. Misalnya, faktur dari transaksi penagihan Sales & Distribution akan melewati bagian akuntansi, di mana ia akan muncul dalam piutang dan biaya pokok penjualan.
SAP biasanya difokuskan pada metodologi praktek terbaik dalam proses software, tetapi telah diperluas ke pasar vertikal. Dalam situasi ini, SAP menghasilkan modul khusus (disebut sebagai IS atau Industri Spesifik) diarahkan untuk segmen pasar tertentu, seperti utilitas atau retail.

Pers -
SAP R / 3 Rilis 3.1I
SAP R / 3 Rilis 4.0B Tanggal Rilis Juni 1998
SAP R / 3 Rilis 4.5b Tanggal Rilis Maret 1999
SAP R / 3 Rilis 4.6b Tanggal Rilis Desember 1999
SAP R / 3 4.6C Rilis Tanggal Rilis April 2001
SAP R / 3 Perusahaan Rilis 4.70 Tanggal Rilis Maret-Desember 2003

SAP ERP & mySAP ERP -
SAP menggunakan nama R / 3 sampai versi 5,0 dirilis (SAP ECC 5.0 ERP adalah penerus dari SAP R / 3 4.70).
Sebagai dampak dari perubahan pemasaran dan perubahan dalam industri, versi lain SAP telah dirilis untuk mengimbangi perubahan ini. Edisi pertama mySAP ERP (SAP ERP) diluncurkan pada tahun 2003 dan dibundel produk sebelumnya terpisah, termasuk SAP R / 3 Enterprise, SAP Strategic Enterprise Management (SEM) dan set ekstensi. SAP Web Application Server dibungkus ke NetWeaver, yang juga diperkenalkan pada tahun 2003.

Perubahan arsitektur lengkap terjadi dengan diperkenalkannya mySAP ERP edisi 2004. R / 3 Enterprise diganti dengan diperkenalkannya ERP Central Component (SAP ECC). SAP Business Warehouse, SAP Strategic Enterprise Management dan Internet Transaction Server juga tergabung ke SAP ECC, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan mereka secara  bersamaan. Perubahan arsitektur juga dibuat untuk mendukung arsitektur layanan perusahaan kepada pelanggan transisi ke arsitektur berorientasi layanan. Versi terbaru per November 2009 ECC 6.0.
Seiring dengan perkembangan Internet yang telah meluas, SAP mengimbanginya dengan menyediakan software yang dibutuhkan perusahaan untuk menjual barang dan jasa secara online. Portofolio produk mereka mempunyai Web interdace yang disebut MySAP.com. MySAP ini dirancang untuk menjadi sebuah portal Web perusahaan dengan izin berbasis peran bagi karyawan. Perusahaan di perkenalkan bagaimana "solusi" SAP bisa menghubungkan perdagangan yang dilakukan melalui Internet (e-commerce) dengan cara tradisional dan mortar commerce untuk menyediakan satu tampilan bisnis yang canggih
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar